Bahasa C Untuk Orang Awam Bag. 1 : Kenali Duniamu!

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Dor! Kaget nggak? Ya begitulah, tapi ya nggak apa-apa. Kadang memang untuk membuka suatu tutorial/artikel diperlukan sesuatu agak sedikit garing. Sudah... sudah...

Kita lanjutkan ke pembahasan utamanya. Baiklah kali ini kita akan belajar bahasa C pertemuan pertama. Dipersembahkan untuk semua orang yang merasa Bahasa C itu sangat penting bagi kehidupannya, terutama setelah membaca artikel saya yang sebelumnya yakni Ngapain Sih Harus Belajar Bahasa C?

Sebelum memulai belajar bahasa C, ada beberapa yang harus Anda persiapkan. Biar terasa dramatis. Persiapkan diri Anda, santai tapi tetap fokus.

Tools atau software yang dibutuhkan untuk berkoding ria dalam bahasa C, saya menganjurkan BloodShed DevC++. Karena saya yakin Anda menggunakan Sistem Operasi Windows maka Anda bisa langsung download secara gratisan di sini http://prdownloads.sourceforge.net/dev-cpp/devcpp-4.9.9.2_setup.exe. Asik gratisan! Ya saya tahu siapa Anda sesungguhnya. Stop.

Silahkan langsung saja di Install Software DevC++ nya, sampai setelah selesai menginstall, maka Anda akan masuk ke dalam program Dev-C++ yang  tampilannya kurang lebih nanti seperti ini :



Oke ya? Apa yang dilakukan selanjutnya? Yang dilakukan selanjutnya adalah, silahkan Anda masuk menu File lalu pilih New > Source File. Atau Anda juga bisa mengetikkan CTRL+N di keyboard. Sama seperti ketika Anda menggunakan Microsoft Word, yakni CTRL+N untuk membuat lembar kerja baru. Seperti gambar di bawah ini



Nah nanti akan muncul lembar kerja baru dengan nama Untitled1, seperti gambar di bawah ini,



kemudian silahkan ketikkan kode-kode ini di dalamnya

#include <stdio.h>
void main() 
{ 
    printf("Hallo... ");
    getch(); 
}

Kurang lebih seperti ini ...



Lalu save dengan nama hallo.c simpan di folder yang nanti akan terus digunakan pada tutorial-tutorial pembelajaran bahasa c selanjutnya.





Untuk tutorial bahasa c kali ini saya meletakkannya di C:\Users\kaffah\Documents\clanguage.


Sudah? Setelah di save, langkah selanjutnya adalah menjalankannya, dengan cara Compile & Run, atau mengkompilasi dan eksekusi. Apa maksudnya dengan kompulasi dan eksekusi? Apa masih ada hubungan dengan kematian? Tidak. Kompilasi itu digunakan untuk merubah script bahasa c ke dalam sebuah aplikasi executable yang di baca oleh mesin, melalui perantara sistem operasi. Jika Sistem Operasi Anda adalah Windows maka, aplikasi executable itu biasanya berekstensi *.exe. Begitulah. Pilih Menu Execute > Compile & Run. Seperti ini



Nanti muncul sebuah windows baru, DOS, hasil dari kode program yang sudah kita ketikkan sebelumnya, seperti ini



Ini artinya kode yang Anda ketikkan sudah benar, dan muncul kata Hallo... di dalam tampilan DOS-nya. Dan secara otomatis di dalam direktori tadi yakni C:\Users\kaffah\Documents\clanguage terdapat sebuah file *.exe,



yang apabila di double klik akan menghasilkan tampilan seperti ini



Nah, apabila kita balik lagi ke kodenya

#include <stdio.h>
void main() 
{ 
    printf("Hallo... ");
    getch(); 
}


Baris pertama menjelaskan bahwa, kita akan menyisipkan sebuah pustaka, bernama stdio.h, .h adalah file header yang berisi standar untuk input dan output pada kode aplikasi yang dibangun dalam bahasa C. stdio.h ini lumrah ada hampir di setiap aplikasi yang di bangun menggunakan bahasa C. apa fungsinya stdio.h ? Simak lebih lanjut.

Lihat barisan selanjutnya yakni void main(), kadang Anda melihat bentuk main() yang lain yakni int main(). void main() atau int main() merupakan fungsi utama yang mana kode-kode yang terletak di dalamnya itu akan di eksekusi. Kode-kode terletak didalam itu di apit oleh { }  sehingga

void main() 
{ 
    printf("Hallo... ");
    getch(); 
}

kode-kode yang di apit { } akan di eksekusi oleh compiler (dev-c++).

Selanjutnya ada printf() dan getch(). printf() digunakan untuk menampilkan teks sesuai dengan parameter yang di masukkan ke dalamnya, dalam hal ini akan menampilkan kata Hallo.

Dan terakhir ada getch(). Berfungsi untuk menerima inputan, untuk di ketikkan di keyboard. Nanti hasil kompilasi kodenya (windows berisi DOS) akan terus muncul di permukaan, sampai dengan ketika Anda menekan sesuatu di keyboard, misalkan menekan space di keyboard maka aplikasinya akan menutup. Silahkan saja.

Untuk selanjutnya Anda bisa bereksperimen, seperti menghilangkan baris getch(); , atau menghilangkan barisan printf();.

Semoga bermanfaat, lebih detil mengenai int main() maupun void main() akan dijelaskan pada pertemuan yang akan datang. Salam.


Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

8 komentar:

  1. fungsi dari getch() -nya bawaan IDE devc++ kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawaan dari file yang di include / di sisipkan, dari file stdio.h

      Hapus
    2. kalo pake gcc $ gcc test.c -o ./test
      langsung keluar errornya
      /tmp/ccjyJLQ3.o: In function `main':
      test.c:(.text+0x1c): undefined reference to `getch'
      collect2: ld returned 1 exit status

      Hapus
    3. file stdio.h sudah ada di lib gcc nya mas ?

      Hapus
    4. sudah saya input kang stdio.h
      dan ternyata saya baru tau kenapa getch() nya ga jalan..
      hehe..

      maaf ya kang.

      Hapus
  2. saya sudah berhasil menjalankan min,,tapi kenapa pas saya run waktu muncul cmdnya dan cmd itu keluar sendiri,maksudnya tidak muncul terus..saya klik run cmd muncul cepat kayak flash lalu keluar lagi...kira-kira kenapa ya?

    BalasHapus
  3. Keren dah blognya,, bakal sering mampir :)

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==