Bahasa C Untuk Orang Awam Bag.2 : Kupas Tuntas Tipe Data

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Salam, beberapa hari yang lalu kita telah membahas pembelajaran bahasa C bagian 1, yakni "Bahasa C Untuk Orang Awam Bag. 1 : Kenali Duniamu!".

Mungkin masih ada pertanyaan seperti , "ngapain sih belajar bahasa sih", silahkan Anda bisa simak selengkapnya di sini http://kode.ilmuwebsite.com/2014/08/ngapain-sih-harus-belajar-bahasa-c.html

Baiklah seperti yang saya jelaskan ditutorial sebelumnya, kali ini kita akan belajar kembali bahasa C secara konseptual, mengupas tuntas jenis-jenis data / tipe data manakala masalah ini selalu muncul di awal pembelajaran bahasa C bagi para pemula.

Tipe Data Dalam Bahasa

Pada kondisi realnya ketika menggunakan bahasa C, ada satu function utama, induk dari semua kode-kode dalam bahasa C, yang mana kode-kodenya itu harus diletakkan di dalamnya, agar kode itu bisa dieksekusi pas waktu dikompilasi.

Induk function itu terletak di main function, kita buat source code utamanya?

Buatlah lembar kerja baru di devc++ yang kemarin sudah di install,



kemudian isikan kode seperti ini :
#include <stdio.h>
int main() {
}



lalu save dengan nama tipedata.c

Kemudian kita akan kembangkan source code tersebut, dengan memberikan berbagai macam tipe data ke dalamnya :
#include <stdio.h> 
int main(){
    int x; 
    float y; 
    char z; 
    double w; 
    x = 10; /* variable x diisi dengan 10 */ 
    y = 9.45; /* variable y diisi dengan 9.45 */ 
    z = 'C'; /* variable z diisi dengan karakter "C" */ 
    w = 3.45E+20; /* variable w diisi dengan 3.45E+20 */ 
    printf("Nilai dari x adalah : %i\n", x); /* Menampilkan isi variable x */ 
    printf("Nilai dari y adalah : %f\n", y); /* Menampilkan isi variable y */ 
    printf("Nilai dari z adalah : %c\n", z); /* Menampilkan isi variable z */ 
    printf("Nilai dari w adalah : %lf\n", w); /* Menampilkan isi variable w */ 
    getch();
}



Setelah itu silahkan masuk menu Execute > Compile & Run, atau Anda bisa menggunakan shortcut di keyboard dengan menekan tombol F9.



Maka akan muncul hasilnya seperti ini ...



Lalu apa sebetulnya guna dari tipe data ini dalam dunia nyatanya? Kita akan gunakan logika sehari-hari.

Anggaplah seperti ini dalam menyelesaikan proses masak-memasak, bukan masak di masak. Misalkan dalam membuat nasi goreng, Anda memerlukan banyak sekali bumbu dengan takaran tertentu, misalkan seperti ini

Proses Pembuatan Nasi Goreng Gila

Bumbu

garam 2 sendok (makan)
bawang 3 siung
cabai rawit 10 biji
telur 2 butir
nasi 2 piring
minyak secukupnya

Proses

Buat bumbu nasi goreng (semua bumbu di olah, seperti bawang di kupas lalu di tumbuk), dan begitu seterusnya hingga jadilah nasi goreng.

Dalam bahasa c pun begitu

/* proses pembuatan nasi goreng gila */
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
int main(){
    /* macam-macam bumbu yang harus di siapkan */
    int garam,bawang,cabai_rawit,telur,nasi,minyak;
    float proses ;
    garam = 2;
    bawang = 3;
    cabai_rawit = 10;
    telur = 2;
    nasi = 2 ;
    minyak = 1;
    /* proses */
    proses = garam + bawang + cabai_rawit + telur + nasi + minyak;
    printf("Nasi goreng = %f", proses);
    getch();
}


Tipe data ini betul-betul berguna dalam menyelesaikan sebuah kasus pembuatan aplikasi secara utuh. Ibarat nasi goreng, berarti tipe data ini adalah bumbunya. Dan biasanya proses pembuatan bumbu, proses memasukkan minyak ke wajan, kemudian menyiapkan nasi itu akan dilakukan dalam function-function yang akan kita pelajari kedepannya.

Ada banyak sekali tipe data yang tersedia dalam C, namun yang paling sering digunakan adalah int, char, float. Int atau integer erat sekali hubungannya angka desimal bilangan bulat, bukan pecahan, sedangkan char atau character biasanya tidak berisi Angka, melainkan huruf, adapun misalkan Angka 7, angka ini bukan merupakan bilangan tetapi hanya sebagai karakter biasa saja yang tidak bisa dijumlahkan nilainya. Karena tidak bisa menjumlahkan "N14" + "k1924". Dan yang terakhir adalah tipe data float yang biasanya berisi bilangan pecah-pecahan, atau bahasa kerennya yang mengandung koma-koma'an.

Begitulah tipe data yang biasanya paling banyak digunakan dalam pengkodingan menggunakan bahasa C, namun kurang lebih beginilah daftar lengkapnya tipe data dalam C.

Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz


Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==