Facebook Ilmuwebsite

HTML5 Game Engine Membuat Game Berbasis Web / Mobile Lebih Cepat & Efisien

Halo halo... Pembahasan kali ini mengenai gameengine yang digunakan dalam pembuatan game dengan HTML5. Pembahasan menarik yang sayang sekali jika dilewatkan.

Jika dahulu kala bermain game hanya berjalan dikonsol saja, game hanya bisa dimainkan di Nintendo, Sega, PS, XBOX saja, belakangan bisa juga berjalan di PC menggunakan emulator, namun kini semakin canggihnya teknologi game pun merambah ke Smartphone, atau gadget jenis lainnya. Berbagai genre ditemukan, ada 2D side scroll, first person shooter,  menyesuaikan dengan engine atau sistem yang digunakan. Baru-baru ini di atas 2010 ke atas, mulai banyak game-game ringan berbasis javascript dibuat. Bahkan javascript kini bisa membuat game berbasis website maupun berbasis mobile layaknya game console saat ini, mau bukti? Silahkan kunjungi http://apps.playcanvas.com/playcanvas/physics/charactercontroller ini bukan game hanya simulasi 3D, layaknya game first person shooter pointblank.



Menarik bukan? Berjalan di browser tapi serasa menggunakannya di konsol. Tetapi tidak begitu-begitu saja, mungkin Anda mengerti jika Anda sebelumnya sering bermain game berbasis flash.

Lalu Bagaimana Membuat Game Menggunakan HTML5?

Kini sudah banyak sekali engine yang disediakan untuk bisa membuat game berbasis HTML5 memanfaatkan canvas pada HTML5, tentunya juga diperkaya oleh javascript. Yang akhirnya bisa berjalan diatas web browser, maupun di lingkungan mobile seperti smartphone dengan sistem operasi android atau ios. Dan semuanya bebas Anda gunakan. Saya akan coba jelaskan 3 saja, yang enginenya berbeda, dipilih berdasarkan kebutuhan pembuatan game.

Phaser

Phaser merupakan salah satu engine, atau lebih tepatnya framework untuk membuat game menggunakan HTML5 berbasis Desktop maupun smartphone. Game yang dihasilkan oleh phaser itu layaknya game flash pada umumnya, namun dengan berbagai kelebihan lainnya.



Phaser sudah mendukung perhitungan fisika, webgl, 2D animation, collision detection (tumbukan/tabrakan antar objek) dan yang menarik lagi adalah ini FREE! Anda bisa membuat game dengan lebih mudah, menggunakan HTML5 diperkaya dengan javascript tentunya.

Anda bisa mengunjungi website officialnya http://phaser.io/ dan melihat berbagai sample yang sudah dibuat menggunakan phaser http://examples.phaser.io/index.html, jika ingin mulai belajar membuat game menggunakan phaser silahkan masuk ke http://phaser.io/getting-started-js.php.



Salah satu demo yang mirip dengan mariobrothers adalah http://dev.phaser.io/examples/games/starstruck.

Turbulenz

Nah jika phaser itu baru mendukung 2 Dimensi saja, di turbulenz Anda bisa membuat game tidak hanya 2D tapi juga 3D, dengan berbagai keistimewaan lainnya, seperti sudah mendukung adanya webgl, sounds effect atau menambahkan suara di gamenya, collision detection (tumbukan atau tabrakan antar objek), mendukung kalkulasi fisika, debuggin, dan juga sudah mendukung adanya multiplayer game dengan adanya fitur networking di turbulenz ini. Game yang dihasilkan oleh turbulenz bisa dibilang cukup ringan.



Bagi Anda yang ingin mencoba beberapa game yang dihasilkan oleh turbulenz html5 game engine bisa masuk ke website officialnya http://biz.turbulenz.com/samples , mencoba game lain yang dihasilkan oleh turbulenz? masuk ke https://ga.me/, dan Anda yang ingin mencoba membuat game dengan turbulenz? Silahkan kunjungi http://biz.turbulenz.com/developers

PlayCanvas

PlayCanvas salah engine favorit , karena bisa menghasilkan game 3D yang ringan, namun tetap keren hasilnya. PlayCanvas fokus dalam pembuatan game 3d, yang sifatnya itu cloud-based, artinya Anda betul-betul harus menggunakan server yangdisediakan untuk bisa mengkompilasi game untuk bisa dimainkan ketika dalam proses pembuatan.



Dan lagi playcanvas ini benar-benar free, mendukung webgl, dan pastinya diberikan keleluasan untuk menambahkan sounds effect sesuka hati. Ingin mencoba kehebatan playcanvas? Silahkan kunjungi https://playcanvas.com/

Atau ingin mencoba game yang dihasilkan oleh playcanvas ?? Silahkan.

Masih banyak html5 game engine lainnya yang bisa Anda telusuri, sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan kunjungi http://html5gameengine.com/ untuk mengeksplorasi HTML5 game engine lainnya.

Semoga bermanfaat. Salam.

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz

Posting Komentar

1 Komentar