Ngapain Sih Harus Belajar Bahasa C?

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Ngapain sih belajar bahasa c? Kira-kira itu perkataan yang biasanya dilontarkan ketika  calon programmer mengawali pembelajarannya. Wajar, karena masih pemula sekali. Sedangkan sang Dosen memberikan materi pembelajaran bahasa C menggunakan compiler yang berbasis DOS, seperti Turbo C++ yang mana tampilannya itu cuma hitam putih. Pembelajaran bahasa C jadi nggak keren. Betul?

Sehebat apa sih bahasa C? Sampai kita harus betul-betul mempelajarinya. Meski sebetulnya juga mempelajari bahasa C itu sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi Anda yang menginginkan aplikasinya nanti berjalan di atas platform Desktop.

Dennis Ritchie, penemu bahasa C pun terheran-heran lantaran, bahasa yang dia tulis, itu mengalami pengembangan yang diluar prediksinya. Intinya pak Dennis Ritchie tidak menyangka sampai sedemikian rupa. Mengapa bahasa C yang awalnya digunakan untuk menulis Sistem Operasi Unix (Menulis disini sama halnya dengan membuat) menjadi sedemikian kompleks dan bermanfaat hampir ke semua bidang profesi. Mantap!

Sistem Operasi di tulis dengan Bahasa C

Ternyata bahasa C tidak hanya digunakan dalam pembuatan sistem operasi unix saja,


namun Microsoft Windows , Mac OS X , dan Linux semuanya dibuat menggunakan bahasa C. Luar biasa bukan bahasa C?  (dikutip dari wikibooks.org)

Game Realistik Pun di tulis dengan Bahasa C

Bahkan Game yang memiliki graphic yang realistik semacam Need For Speed pun enginenya di buat menggunakan turunan bahasa C.


"Modern Games Like NFS are not programmed form scratch in any language. They are made using Game Engines (which itself my be in any languages probably C++ or C). NFS world uses Modified EAGL 3 Developed by EA."
(dikutip dari wikipedia.org)


Sedemikian luasnya pengembangan bahasa C sehingga tidak heran Pak Dennis terheran-heran bahasa yang ia tulis bisa dikembangkan sampai seluas ini.

Banyak sekali  kehebatan bahasa C, dalam proses pembuatan suatu aplikasi. Saya tidak bisa menjabarkannya satu demi satu.  Bahkan Smartphone canggih yang ada di saku Anda saat ini dibuat juga menggunakan bahasa C.

Mengapa Belajar Bahasa C?

Mengapa belajar bahasa C ? Pastinya memang bahasa C betul-betul mampu "memanfaatkan kekuatan berbagai arsitektur komputer, dan mengontrol sebagian besar kemampuan dari perangkat keras yang tertanam di PC". Bahasa C menjembatani programmer dalam mengakses kekuatan Graphic Card, Prosessor, Memory, jaringan dan lain-lain. Sampai akhirnya Anda bisa menggunakan Sistem Operasi dengan Mudah, bermain game dengan mulus, dan banyak lagi. Ngeri sekali.

Apa yang bisa di buat dengan menggunakan bahasa C? Banyak sekali, namun biasanya programmer dibatasi oleh imajinasinya.

Kedepannya kita akan belajar bahasa C menggunakan compiler DevC++ ya. Nantikan pertemuan berikutnya.

Tutorial Premium Mahir Web Development Membangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android (4 Project + Upload Playstore)

Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

4 komentar:

  1. Wah seru nihh..
    Cepet2 di posting yak tutorial c nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas langsung masuk ke http://kode.ilmuwebsite.com/2014/08/bahasa-c-untuk-orang-awam-bag-1-kenali.html

      Hapus
  2. Cepet posting tentang tutorial Bahasa .....
    Biar Saya dan teman-teman bisa tahu tentang bahasa Pemograman...

    THANK ilmuwebsite

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==