Programmer Pun Bisa Menjadi Pengusaha Sukses! Bagian 2

Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Salam, apa kabar Anda hari ini? Kita akan membicarakan topik yang sama dengan yang pernah dibahas beberapa waktu yang lalu, judul yang sama, namun dibagian ke dua.

Bagi Anda yang belum pernah membaca artikel sebelumnya silahkan lihat dulu selengkapnya di sini http://kode.ilmuwebsite.com/2014/07/programmer-pun-bisa-menjadi-pengusaha.html

Ada dua point yang sangat penting yang belum di bahas pada artikel sebelumnya. Dua point tersebut ialah :
1. Publikasikan Solusi Anda, Marketingkan
2. Moneytize - Meng-uang-kan Aplikasi Buatan Anda

Sebelum masuk ke pembahasan utama, perlu diketahui bagaimana seorang pengusaha yang berasal dari kalangan programmer seperti pendiri facebook dan google bisa memiliki sedemikian banyak cadangan baterai kehidupan yang bisa memompa semangat mereka terus-menerus. Apakah hanya sekedar passion saja? Banyak orang mengatakan follow your passion, namun pernyataan ini tidaklah lengkap jika Anda tidak menyandingkannya dengan pertanyaan "Mengapa sih saya harus mengikuti passion saya?" Apakah untuk mendapatkan kesuksesan? Ya, mungkin kebanyakan mengharapkan begitu. Apakah hanya untuk mendapatkan sekedar kesuksesan semata? Jika sudah sukses mau apa lagi? Kalo hanya sekedar itu saja sepertinya passion pun akan tenggelam seiring sejalannya waktu, jika kesuksesan itu sudah diraih.

Visi dan Misi pun menjadi landasan terpenting dalam kehidupan Anda. Dengan visi dan misi yang jelas, hidup Anda jadi jauh lebih terarah, tidak hanya sekedar passion semata. Terlebih lagi bagi Anda yang muslim di wajibkan berkontribusi kepada orang banyak. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

"Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat" (HR. Bukhari)

Apa visi dan misi Anda? Pastikan isi dari visi dan misi Anda adalah berkontribusi untuk banyak orang! Karena kontribusi inilah yang menghubungkan Anda dengan kehidupan setelah dunia Anda.

Marketingkan / Publikasikan Solusi Anda 

Sebetulnya ini adalah bagian yang lumayan panjang, dan memiliki pembahasan yang tidak bisa langsung dalam satu artikel, karena terdapat banyak sekali himbauan, anjuran, baik itu dari segi management maupun dari pelaksanaan teknisnya. Dan kedepannya di ilmuwebsite.com akan kita bahas selengkap-lengkapnya.

Mengapa harus memarketingkan solusi Anda? Mungkin bagi sebagian orang ini pertanyaan yang konyol. Tapi tidak bagi sebagian orang yang lain. Jika Anda memiliki produk yang bagus, dengan konsep luar biasa dan Anda yakin produk tersebut bisa digunakan oleh orang namun sayang jika hanya Anda sendiri yang tahu, padahal orang-orang memerlukannya, maka langkah selanjutnya adalah mempublikasikannya ke khalayak dengan cara yang tepat.

Anda harus memiliki tim yang tepat, yang mengerti betul bagaimana memarketingkan produk yang telah Anda buat sebelumnya. Mengapa harus tim yang tepat?

Kita ambil contoh pengalaman pahit Apple perusahaan besutan Steve Jobs dalam merekrut tim marketingnya, yakni John Sculley, presiden Pepsi Cola. Ketika itu jelas-jelas John Sculley adalah seorang marketer produk air gula semata, pengetahuan akan teknologinya betul-betul minim, terlihat bahwa dia berkeinginan untuk menyeimbangkan keuntungan perusahaan dan menyelamatkan perusahaan dari kerugian namun malah mengesampingkan ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut. John Sculley menaikkan harga produk sampai membuat konsumen enggan untuk membeli. Dan diceritakan Steve Jobs di keluarkan dari perusahaan buatannya akibat dari kesalahan John Sculley dan direksi Apple yang cuma mengurusi Untung dan Rugi semata. Diceritakan pula Apple diambang kehancuran ketika sang Founder di depak dari perusahaannya sendiri. Dan apple terus dihantui kebangkrutan meskipun telah berganti-ganti CEO. Namun pada akhirnya puncak kegemilangan Apple pun dicapai ketika Steve Jobs kembali menjadi CEO dan mengeluarkan produk-produk dengan konsep baru yang fresh dan brilian, karena yang mengetahui betul akhir dari pencapaian Visi dan Misi  adalah Steve Jobs, sang Founder.

Sehingga dari sini bisa di tarik kesimpulan bahwa Tim Marketing adalah orang-orang yang betul-betul mengerti luar dalam produk, kebutuhan pasar, persaingan yang sedang terjadi berkaitan dengan produk Anda, dan tim tersebut harus mampu melihat ke depan mengenai akhir dari pencapaian visi dan misi perusahaan. John Sculley yang sudah puluhan tahun bekerja sebagai seorang marketer pun tidak bisa berkutik ketika berhadapan dengan Produk yang memang tidak dikuasainya. Sehingga balik lagi saya ulas bahwa tidak hanya passion semata, tidak hanya pemasaran semata tapi Anda pun harus memiliki Tim yang betul-betul mengetahui jelas akan visi dan misi.

Tim Marketing yang tepat tentunya sesuai dengan bidang yang sedang Anda tekuni betul-betul diperlukan untuk memasarkan dan mempublikasikan produk Anda. Tidak hanya sekedar marketing lompat-lompat seperti John Sculley tadi, pembelajaran yang bisa di ambil hikmahnya bagi banyak orang. Jika Anda seorang programmer, maka Marketer di Bidang Software lah yang betul-betul diperlukan, bukan yang lain. Spesifik.

Namun jika Anda tidak memiliki Cost dalam membangun Tim, maka langkah yang tepat adalah pelajari Bagaimana Teknik Marketing dipadukan dengan Teknologi. Ilmu yang paling baik adalah SEO dan Internet Marketing, termasuk di dalamnya bagaimana mengoptimasi sosial media.

Semenjak kehadiran sosial media ditengah-tengah masyarakat, dunia marketing kini menyentuh ke arah yang lebih spesifik, menjangkau ke setiap individu-individu , pendekatannya lebih kepada orang perorang, satu demi satu. Loh bagaimana bisa? Saat ini sudah barang tentu setiap orang memiliki akun sosmed sehingga target pasar inilah yang perlu disentuh, teknik marketing sesuai zaman. Yang mana energi dan biaya pun akan tepat guna, tidak terbuang percuma. Karena jika mengikuti teknik marketing konvensional akan banyak sekali energi yang terbuang, Anda harus bertemu banyak orang satu demi satu, belum lagi membuat agenda ketika akan bertemu dengan orang yang akan ditemui tersebut, belum lagi memakan cost karena jarak dan lain-lain. Dan belum tentu pula teknik marketing konvensional ini bisa sesuai dengan kebutuhan pasar.

Teknik marketing konvensional di zaman serba teknologi terbilang old school namun masih bisa digunakan, khususnya kepada orang-orang yang pernah menggunakan produk atau jasa Anda sebelumnya. Pendekatan lebih personal, dan biasanya dilakukan kepada orang yang memiliki jaringan market lebih luas lagi.

Beruntunglah Anda yang hidup di zaman ini karena dengan teknologi informasi masa kini, marketing semakin mudah, dan hasilnya pun bisa langsung didapatkan dengan cepat. Dan lagi imbas dari marketing yang tepat guna adalah efek "word of mouth" atau marketing dari mulut ke mulut. :). Inilah yang dicari. Kehebatan word of mouth itu adalah Tingginya kepercayaan orang akan produk/jasa yang Anda marketingkan.

Lalu Bagaimana Teknis dalam Marketing Jitu ?

Saya telah membahas di artikel sebelumnya http://www.ilmuwebsite.com/teknik-marketing-jitu-jualan-produk-dan-jasa-di-zaman-serba-it Tapi kedepannya kita akan bahas lebih spesifik lagi di ilmuwebsite.com. Tunggu saja. :)

Begitulah sekilas mengenai dunia marketing, pembahasan lebih lengkap akan disajikan lebih rinci lagi pada pertemuan-temuan selanjutnya.

Saran untuk Anda para programmer dan calon programmer adalah, buatlah konsep produk  yang berbeda dan belum ada, jika Ada silahkan dikembangkan, pilih platform yang akan digunakan, baik itu berbasis website, desktop ataupun mobile. Lalu realisasikan ke dalam bentuk aplikasi, setelah itu silahkan kembali membaca artikel ini, dan link yang barusan saya berikan. Dan ikuti terus pembahasan demi pembahasan mengenai Bisnis dan Marketing di Dunia IT.

Saya kira demikian pembahasan mengenai marketing, ada satu bagian lagi yang kita akan bahas pada artikel berikutnya yakni bagaimana memoneytize aplikasi yang telah Anda buat. Bagaimana caranya akan dijelaskan pada artikel "Programmer Pun Bisa Menjadi Pengusaha Sukses" bagian akhir.

Semoga bermanfaat. Salam.

Loka Dwiartara
Founder Kaffah.biz
Admin Ilmuwebsite.com



Terbatas hanya sampai 25 Mei 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. thanks gan info dan sarannya, tuh luar biasa saya pasti update terus,,,,, semangat gan saya tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==