Facebook Ilmuwebsite

Tahap Awal Belajar Visual Basic .NET!

Baik. Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang Visual Basic .NET
atau orang sering menyebutnya VB.NET, begitu katanya.

Mengenal VB.NET

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak tahu, artinya kalau tidak
kenal maka harus kenalan dulu supaya tahu.

Nah sekarang saya akan sedikit perkenalkan dulu tentang VB.net ini.
Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET)

Nah lalu apa itu .NET Framework, untuk pembehasan .NET Framework anda bisa searching di google tentang pembahasan .NET Framework karena jika saya bahas disini tidak akan cukup akan terlalu panjang, atau mungkin anda juga bisa lihat disini http://id.wikipedia.org/wiki/.NET_Framework. untuk pembahasan .NET Framework

Apa saja yang anda perlukan untuk memulai belajar VB.NET ?

Ini yang anda perlu siapkan ketika anda ingin belajar VB.NET.

1. Komputer
  • processor 1.6 Ghz atau lebih tinggi
  • OS yang didukung Windows XP,VISTA,7,8,server2003,2008
  • Memori min 1 Gb dan saya sarankan memory diatas 2 Gb untuk kelancaran dan kenyamanan waktu membuat kode program
  • Hardisk min yang kosong 5 Gb

2. Code Editor
  • Visual Studio 2003
  • Visual Studio 2005
  • Visual Studio 2008
  • Visual Studio 2010
  • Visual Studio 2012
  • Visual Studio 2013

Pada tutorial ini saya menggunakan Visual Studio 2010 untuk prakteknya, dan pada tutorial ini saya akan fokuskan dulu pada pembuatan aplikasi Windows Formnya.

Mengenal IDE (Integrated Development Environment) Visual Studio 2010.

Start Page

Start Page Visual Studio 2010

Start Page merupakan tampilan yang pertama, ketika anda memulai membuka aplikasi Ms. Visual Studio 2010. Pada start page ini anda akan menemukan beberapa panes salah satunya adalah Recent Project Pane, pane ini menampilkan daftar projek yang sebelumnya anda buat, selain itu ada juga pane lainnya seperti Get Started, Lates News dsb. Anda bisa explore sendiri tentang halaman start page ini.

New Project Dialog

New Project Dialog Visual Studio 2010

Ketika anda mengklik new project icon pada Start Page, lalu anda akan menemukan tampilan New Project Dialog. Nah disini anda akan diminta untuk memilih projek apa yang anda akan buat, sepeti Windows Form Aplication, Console Aplication dsb.

Design Interface Windows Form Aplication

Seperti dikatakan diawal kita akan fokus dulu pada pembuatan Windows Form Aplication, maka Desain Interface yang akan dibahas disini adalah Desain Interface untuk Windows Form Aplication saja dulu.

Design Interface Untuk Windows Form Aplication

Nah! sekarang apa saja yang ada pada desain interface windows form aplication. Ok untuk itu mari kita bahas apa saja bagian-bagian dari desain interface ini pada artikel berikutnya...

Tu bi kontinyu...

Posting Komentar

4 Komentar