Tahap Awal Belajar Visual Basic .NET ! Bagian 2

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Baik. Tutorial kali merupakan turorial lanjutan dari tutorial sebelumnya
yaitu Tahap Awal Belajar Visual Basic .NET! dimana seperti yang sudah dibahas diawal, bahwa kita akan fokuskan dulu untuk project pembuatan windows aplication dulu.

Nah! anda dapat lihat dibawah ini merupakan tampilan workspace untuk windows form aplication.

workspace visual studio untuk windows form aplication


Sekarang saya akan jelaskan satu persatu apa saja bagian-bagian dari workspace tersebut.

1.  Design View

Design View


Design view ini merupakan tempat mendesain form dari program yang akan anda buat.


2. View Code

View Code

View code merupakan tempat untuk memberikan perintah atau kode-kode program pada objek-objek yang digunakan dalam pembuatan program nantinya. Untuk menampilkan view code ini anda dapat melakukan dengan 4 cara, yang pertama anda dapat lakukan dengan cara klik 2x pada area form atau pada objek yang akan diberikan perintah; cara yang kedua anda dapat mengklik kanan pada objek yang akan diberi perintah kemudian anda pilih view code, atau anda bisa tekan F7 pada keyboard untuk menampilkan view code ini, atau anda juga bisa klik icon view code  pada solution exprolere yang ada disebelah kiri atas.

icon view code pada solution explorer


3. Toolbox

Toolbox


toolbox merupakan tempat sekumpulan alat yang akan digunakan pada pembuatan program nantinya. banyak sekali alat atau tool disini yang dapat digunakan, misalnya button, textbox, listbox, dll.

4. Data Source

Data Source


Data source ini merupakan tempat untuk menghubungkan program dengan database. Selain ke database bisa juga menghubungkan dengan service, menghubungkan dengan object.

5. Solution Explorer

Solution Explorer


Solution explorer ini menampilkan daftar form-form atau modul-modul yang dibuat pada projek yang anda kerjakan nantinya.

6. Properties

Properties


Properties digunakan untuk mengatur objek-objek yang digunakan pada program yang dibuat.

7. Menubar

Menubar

Menubar berisi tombol-tombol text yang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan namanya masing-masing.

8. Toolbar

Toolbar

Top Bar merupakan sekumpulan tombol shortcut yang memiliki fungsi untuk menjalankan perintah tertentu dengan cepat.

9. Status bar

statusbar

Status Bar terletak dibagian bagian bawah area program sebelah kiri. Status Bar berisi informasi yang dilakukan saat pembuatan program.


Nah! inilah bagian-bagian dari workspace windows form aplication.

Baik. selanjutnya mari kita coba buat sebuah aplikasi sederhana. Eit tapi tidak pada artikel ini pembuatan aplikasi akan dibahas pada artikel berikutnya... untuk itu mohon bersabar ya...

tu bi kontinyu...
Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Adi L. Hadisaputra

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik. Terima kasih informasi yang sudah diberikan.
    Saya juga mempunyai link berita terkini yang mungkin bermanfaat.
    Silahkan kunjungi Warta Warga

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==