Facebook Ilmuwebsite

Masih Belum Bisa Beralih Ke Framework PHP ? Ini Dia Keuntungan Yang Didapatkan Dari Kehebatan PHP Framework

Setelah pada pertemuan yang dulu sekali ilmuwebsite melakukan pembahasan mengenai framework yang mana artikelnya bisa Anda lihat di sini http://www.ilmuwebsite.com/mengapa-oh-mengapa-menggunakan-php-framework

Kali ini kita akan berbicara alasan lain, keuntungan dalam menggunakan Framework, dengan tools yang satu ini sekarang pekerjaan dalam mendevelop sebuah interface maupun engine dari sebuah aplikasi menjadi jauh lebih cepat dan efisien, benarkahh ? 

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengajak Anda untuk membahas Framework, 

Apa saja keuntungan, jenisnya dan lain sebagainya, Check this out.

Framework

Jika Toni adalah seorang mahasiswa lulusan D3 manajemen informatika, toni mendapatkan sebuah proyek. Toni dipercaya untuk membuat sebuah Toko Online untuk sebuah toko kecantikan. Nah toni mengerjakan semuanya dari awal, mulai dari membuat file index.php, merancang database, membuat interface, membuat koneksi, membuat pengaturan tanggal, membuat dua bahasa, dan lain sebagainya. Toni bisa menyelesaikannya dalam waktu 6 bulan misalnya. 

Sebulan kemudian toni mendapat proyek lagi membuat aplikasi, toni tinggal mengambil kode yang telah dibuat sebelumya dan disesuaikan dengan proyek yang baru, toni bisa menyelesaikannya dalam waktu 3 bulan, kenapa? Karena toni telah memiliki source code yang telah dibuat sebelumnya. Nah begitulah framework bekerja. Lalu muncul pertanyaan, "Loh bukannya meskipun tidak menggunakan framework hal tersebut bisa dilakukan?", Ya bisa saja, namun kehebatan  framework adalah tidak hanya toni yang bisa mengembangkan dan memanfaatkan kembali engine aplikasi buatannya, namun juga bisa ujang, jupri, dikdik, maupun yang lainnya, dengan kata lain programmer pengembang selain toni tidak perlu mempelajari dari awal, alias bisa start langsung melakukan pengembangan. Dan bisa juga dilakukan pengembangan dengan kerja tim, biasanya hal ini di padu dengan kehebatan GIT. Apa itu git? nanti deh kita bahas lagi... Oke ya?

Framework merupakan sebuah package yang menyediakan fungsi-fugsi yang biasanya digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Biasanya banyak sekali fungsi yang disediakan oleh sebuah framework, mulai dari fungsi koneksi ke database, email, session, upload file, validasi form, penanggalan, tabel, bahasa, pagination dan lain sebagainya telah disediakan oleh sebuah framework jadi tugas kita hanyalah memanggil fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh framework tersebut kedalam aplikasi yang akan kita buat sehingga programmer tidak lagi membuat semuanya dari awal. Menyenangkan bukan ?


Keuntungan Menggunakan Framework

Selain membuat program menjadi lebih mudah dan cepat karena framework telah menyediakan fungsi-fungsi yang kita butuhkan. Keuntungan menggunakan framework yakni penulisan kode kita akan memilliki standard. Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya. 

Bayangkan jika anda membuat sebuah program yang cukup besar dengan tenaga 10 orang programmer, tentu tiap tiap orang memiliki gaya penulisan kode yang berbeda-beda dan ketika da masalah muncul ditengah jalan akan terasa sulit memahami kode yang ditulis oleh orang lain (walaupun kebanyakan software house memiliki standardnya sendiri). Tapi dengan menggunakan framework, gaya penulisan kode akan mengikuti standard dari framework yang digunakan sehingga penulisan kode antar tim anda tidak akan terlalu jauh berbeda. Maka sangat masuk akal ketika sebuah perusahaan mengharuskan seorang programmer untuk menguasai framework.

Jenis-Jenis Framework PHP

Banyak sekali jenis framework yang bisa anda gunakan untuk membangun aplikasi. Beberapa framework populer saat ini adalah Laravel, Codeigniter, YII, CakePHP, Zend, Simfony dan lain sebagainya. Berikut adalah data penggunaan framework terbanyak.

Sudah tau kan keuntungan framework ? Buat semuanya jadi lebih mudah dan lebih cepat, demikian dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar